background image

Jumat, 07 Maret 2014

Definisi Warna

Cara Mendefinisikan (membicarakan/ngomongin) warna


Biru telor asin? Hijau pucuk daun? biru langit? merah delima? sering kan dengar istilah warna itu? Sering kaum adam bingung dengan istilah warna yang kaum hawa perbincangkan, namun jangan khawatir. karena ada cara yang ilmiah untuk mendefinisikan warna.
Mata manusia adalah alat indera yang paling peka terhadap cahaya, sehingga riset membuktikan bahwa mata manusia dapat mebedakan jutaan perbedaan halus antara warna. Apakah anda benar-benar tau dan melihat warna pakaina yang anda pakai? yakin?

Berikut beberapa  istilah untuk mendefinisikan warna yang halus.

Saturation : Ukuran seberapa cerah/mencolok sebuah warna. Warna yang berintensitas tinggi adalah warna bersaturasi tinggi (jenuh). Sedangkan warna yang pucat mempunyai intensitas warna yang rendah.



Value : Ukuran seberapa terang atau gelap sebuah warna. Bayangkan sebuah coklat batangan dengan campuran coklat panas dengan krim yaang meleleh. memang akan terdefinisi sebagai coklat. Tapi untuk mata sebagian orang akan terlihat berbeda "values"-nya. Dan akan terlihat menyenangkan untuk beberapa orang tertentu.



Tint : Warna yang telah dicapur dengan putih, membuat terlihat lebih ringan. Contohnya, pink adalah tint dari merah. Menjadi sensitif terhadap tint itu penting karena mungkin sebuah warna akan kurang cocok pada sebuah derajat tint. tapi akan sangat "cucok" jika warna tersebut lebih ringan atau lebih dalam.


Shade : Warna yang telah dicampur dengan hitam, sehingga berkesan lebih gelap. Biru dongker (navy) misalnya adalah "shade" dari biru. Sekali lagi, mungkin saja warna tersebut tidak cocok dengan anda paa derajat "shade" tertentu. Maka anda harus pekauntuk menemukan warna yang 'cucok' buat anda (sempurna).


Tone : Warna yang telah dicampur dengan warna yang lain. Biasanya kita melihatnya dalam bentuk gradasi warna. Bayangkan antara warna hijau dan kuning. Campuran warna tersebut biasa disebut tone hijau.




Temperature : Ukuran yang menimbulkan kesan seberapa sejuk dan hangat sebuah warna. Bagi yang sering menggunakan smartphone akan sangat familiar dengan istilah "temperature" karena tersedia di applikasi camera 360. Warna yang hangat menimbulkan cahaya matahari yang mempunyai kecenderungan spektrum warna merah, oranye, kuning, coklat. Warna yang sejuk menimbulkan cahaya rembulan yang terdiri dari warna biru, hijau, dan ungu.

Berikut arti dari warna yang anda pakai :

Merah
Orange
Coklat



Kunjungi pula halaman facebook page kami:






0 komentar:

Posting Komentar